Test

ATS (Automatic Transfer Switch)

ATS (Automatic Transfer Switch) – Generator Set (Genset) telah berperan cukup vital dalam menyediakan kebutuhan sumber daya alternatif. Dalam beberapa tahun lalu pengoperasian Genset cukup hanya mengandalkan operator dalam pengoperasiannya. Tetapi kebutuhan akan sumber daya yang membutuhkan kesiapan penuh membutuhkan suatu alternatif Operasional yang telah otomatis.

Teknologi Otomatis telah dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam operasional mesin genset. Tujuan otomatisasi mesin genset adalah untuk mengurangi down time dan kebutuhan akan operator yang mempunyai keterbatasan waktu.

Teknologi yang digunakan merupakan teknologi tepat guna, dimana teknologi ini merupakan kreasi dari hasil pengalaman dan pengetahuan selama ini. Cara operasional sangat sederhana dan mudah digunakan agar semua pengguna mengerti dan tidak memerlukan keterampilan yang khusus.

Dalam ruang lingkup sumber daya listrik dikenal dengan 4 (empat) Panel utama yaitu :

  1. Panel Induk Utama (PLN)

Panel Induk Utama adalah panel yang menjadi sumber utama daya yang akan digunakan

  1. Panel ATS/AMF

Panel ATS/AMF adalah panel yang digunakan untuk mengatur perpindahan daya

  1. Panel Genset

Panel Genset adalah panel yang dayanya bersumber dari genset dan merupakan alternatif daya.

  1. Panel Distribusi

Panel Distribusi adalah panel untuk membagi daya ke seluruh beban pengguna.

2

Gambar Skema antar panel

Bagian bagian modul ATS/ AMF (Automatic Main Failure)

Modul AMF berfungsi sebagai pengontrol genset. Dengan cara kerja secara singkat adalah  ketika PLN mengalami pemadaman maka modul ini akan memerintahkan untuk melakukan starting mesin genset, setelah mesin genset berfungsi maka daya akan dialirkan ke beban, ketika PLN aktif kembali maka modul ini akan melakukan pendinginan mesin dan kemudian melakukan proses mematikan mesin genset.